Ke Jogja Dari Singaraja Naik Kereta Api



Kereta Api merupakan alat transportasi langka di Pulau Bali. Saking langkanya hanya bisa kita lihat di pasar malam atau taman kota :) Hal ini membuat rasa penasaran bagi kami bagaimana rasanya menaiki alat transportasi ini untuk berpergian.  Maka di tulisan yang hancur berantakan ini, kami ingin sedikit memberikan cara berpergian ke Jogja dari Singaraja, Bali menggunakan Kereta Api.
Berhubung di Bali tidak ada Kereta Api, Untuk mencapai stasiun terdekat kalian bisa mencari Stasiun Banyuwangi Baru atau Karangasem. Kedua stasiun tersebut berada di Kabupaten Banyuwangi, so untuk ke Banyuwangi kalian harus menyebrang melewati laut lewat Gilimanuk dan jangan lewat Padangbai :).
Stasiun Banyuwangi Baru berada sangat dekat dengan Pelabuhan Ketapang, jadi kalau kalian mau ngesot ke Stasiun, pasti sampai. Sedangkan Stasiun Karangasem letaknya agak jauh dari Pelabuhan Ketapang. Lebih tepatnya berada di Kota Banyuwangi. Jadi Kalau kalian menggunakan motor atau mobil pribadi dari Bali, sebaiknya menuju Stasiun Karangasem karena di depan stasiun banyak terdapat tempat penitipan motor atau mobil. Penitipan MANTAN juga ada :).

Sedangkan di Stasiun Banyuwangi Baru sepengetahuan kami, tidak ada tempat penitipan motor atau mobil. Namun kalau kalian ke Gilimanuk menggunakan kendaraan umum atau bis, sebaiknya menuju Stasiun Banyuwangi Baru saja, karena cukup dekat sekali dengan Pelabuhan Ketapang. 

Balik lagi ke jalur, untuk menuju Jogja dengan Kereta Api dari Stasiun Banyuwangi Baru atau Karangasem, kalian bisa menggunakan Kereta Sri Tanjung. Kereta Sri Tanjung merupakan kereta kelas ekonomi yang menyediakan rute perjalanan Stasiun Banyuwangi Baru - Stasiun Lempuyangan Jogja bolak balik. Walaupun kereta kelas ekonomi, tetapi kebersihan dan kenyamanan jangan di tanya. Kebersihan kamar mandi juga sangat terjaga. Harga tiketnya pun cukup murah yaitu sekitar 94 ribu sekali jalan dan dapat kalian pesan di situs web PT. KAI, Pegipegi, Tokopedia dan web-web lainya. Perjalanan memakan waktu sekitar 13 jam. Walau lama tetapi pengalaman naik kereta dan bersosialisasi dengan penumpang lain merupakan hal yang tidak dapat kita beli. Maknyus. 
Kereta Sri Tanjung berangkat dari Stasiun Banyuwangi Baru sekitar pukul 06.30 pagi, jadi bagi kalian yang takut ketinggalan kereta bisa menginap dulu malamnya di penginapan-penginapan yang banyak terdapat depan Pelabuhan Ketapang. Atau yang menggunakan kendaraan pribadi dari Bali, bisa menginap di depan Stasiun Karangasem karena di depan Stasiun banyak terdapat penginapan dan tempat penitipan kendaraan. Penginapan + tempat penitipan kendaraan yang rekomended menurut kami adalah Subur Homestay (Toko Subur). Letaknya tepat di depan stasiun. Jadi ga perlu takut ketinggalan kereta esoknya. Selain menyewakan kamar untuk bermalam, Subur Homestay juga menerima jasa penitipan kendaraan. Jadi selama kalian pergi ke Jogja, kendaraaan kalian aman di tangan yang tepat :). 
Kereta Sri Tanjung bukan satu-satunya kereta yang dapat kalian tumpangi dari Banyuwangi ke Jogja, Kalian juga dapat menumpangi kereta Mutiara Timur Siang, Probowangi atau Mutiara Timur Malam untuk sampai ke Malioboro. Namun kereta tersebut tidak langsung berhenti di Jogja, melainkan berhenti di Stasiun Gubeng Surabaya. Dari Stasiun Gubeng kalian bisa menggunakan kereta lain untuk sampai ke Stasiun Lempuyangan atau Stasiun Tugu. Transfer kereta kalau istilah kerennya :). Namun cara itu mungkin cukup ribet karena resiko ketinggalan kereta ke Jogja di Stasiun Gubeng lumayan menakutkan. Jadi pakailah yang ada pengamannya :)

Sedangkan cara pulang ke Bali dari Jogja, kalian cukup membalikkan saja cara di atas dari Jogja ke Banyuwangi. :)
Selamat Liburan jangan takut tersesat selama masih di Indonesia. Kalau tersesat di Zimbabwe baru bahaya :)



Nb. Maaf apabila ada salah kata dan info. Mohon dimasukkan. Peace. 

Comments

Popular posts from this blog

VideoPad Video Editor Ringan Untuk Windows

Cara Hack WhatsApp Pacar Lewat Android